Kisahku Untuk Kalian: Persahabatan Abadi

1 for all

Kisahku Untuk Kalian: Persahabatan Abadi

Friendship
Friendship

Kalian tahu sebenarnya aku sangat malas ikut KKN! Dalam benakku KKN itu akan menderita selama dua bulan. Dua minggu sebelum KKN aku sudah stres duluan. Terbagi dengan UAS karena bayangan suram yang aku buat sendiri. Apalagi aku tidak mempunyai teman dalam kelompok KKN ku, yang ku kenal hanya si  Ny. Pret itu. Aku berpikir kenapa KKN UM dua bulan, padahal univesitas lain ada yang dua minggu atau 1 bulan saja, tidak sampai dua bulan. Aku ragu-ragu ikut KKN ini. Kalian sepertinya menyeramkan he..he..he.. *peace!

Hari Pembekalan Pertama:

Friendship
Friendship

Sangat malas untuk pergi ke aula FIP, selain hari itu sangat panas aku juga tidak suka di tempat rame asing itu. Aku tidak menemukan temanku satu pun di aula itu. Sangat tidak bersemangat ikut acara itu, aku tidak mengenal satu pun wajah-wajah itu. Hanya diam. Satu jam semua terasa sepi. Tiba-tiba muncul dua mahasiswi. Siapa sih itu, udah datang terlambat rame pula. Dengan tanpa bersalah karena terlambat mereka rame dan ambil kursi seenaknya. Duh semakin malas aku dengan keramaian ini.

Friendship
Friendship

Pemateri ingin kami semua berkumpul sesuai desanya, Dalisodo. Desa apa sih itu? Akhirnya semua berkumpul. Gawat! Duo rame tadi satu kelompok dengan ku. Satu persatu mulai perkenalan, tapi tetap aku tidak mengenal mereka. Saat paling menyebalkan tiba, pemilihan kordes dan perangkatnya. Untung saat pengundian aku tidak dapt kertas berbahaya itu, yang dapat Bundo Hahahahaha (Lega). Tapi kok masih berdebat soal kordesnya siapa, haduh..

Friendship

Hari Pembekalan Kedua:

Friendship
Friendship

Selesai sholat Jumat, akan ada pembekalan lagi. Ternyata sebagian kelompokku sudah berkumpul, ah males.. ntar aja ke sana. Kemudian dibagikan daftar anggota kelompokku itu. Sekarang aku tahu nama duo rame itu, Keket dan Forndus.

Friendship

Selesai pembekalan masih ada rapat. Ya ampun aku tidak kenal sama sekali dengan mereka. Tapi aku punya alasan tidak pindah tempat KKN agar ada temannya. Aku ingin menemukan sesuatu yang baru, teman-teman baru yang menakjubkan dan aku sudah menebaknya jauh hari.

Ya ampun, aku terlambat upacara pemberangkatan, sungguh ribet bawaanku. Untung kemarin sore aku sudah menitipkan barangku ke Jeng Kelis. Terima kasih banyak buat Jeng Kelis, meski belum kenal baik tapi sudah seperti teman lama. Di tempat upacara aku tidak menemukan kelompokku itu, ya sudah lah di belakang saja kayak anak tiri. Saatnya berangkat, ke kosnya Jeng Kelis ternyata banyak sekali barangnya, wah kerja rodi ini bawa masuk barang sebanyak ini ke mobil. Kemana si Ny Pret yah, katanya bareng. Lit tanya apakah bisa bareng denganku, dia bilang Ny Pret sudah bareng dengan Bundo.

Friendship

Perjalanan ke tempat asing itu dimulai. Sepertinya kok tempatnya agak naik. Benar juga, Dalisodo di Lereng Gunung Kawi. Tapi aku senang karena perjalanan itu aku lewati dengan pemandangan indah. Hari pertama itu sangat berat, aku tidak kenal satu pun dari mereka. Untung ada Kirun yang sangat baik, jadi aku tidak terlalu tersiksa dan juga Unyil yang jadi teman ngobrolku. Hari itu aku sangat diam. Apa bisa aku bertahan di suasana seperti, asing, jauh dari mana-mana, dan udara yang sangat dingin.

Beautiful place
Mirip di Film P.S. I Love You
Indah

Sangat Cantik
1 Program yg Belum Kita Lakukan

Aku mulai ada perubahan ketika akan ke Balai Desa Dalisodo. Ada Keket, Forndus, Bundo, Kirun, Emby, Mommi, Rienta dan Isnu. Kenapa mereka sangat antusias banget sama orang pendiam, apa mereka belum pernah melihat seperti apa orang pendiam itu. Aku mulai terbawa dalam bercanda mereka. Mereka sangat unik. Keunikan yang sama ketika aku menemukan jalan di dekat Balai desa Dalisodo yang mirip dengan di film P.S. I Love You, sangat indah bukit-bukitnya.

My days changed to be Happy!

Teman-teman ini apa terlalu percaya mitos kalau KKN pasti ada yang Cinlok, makanya kok tiba-tiba aku dijodohkan dengan Lit. Hah kok bisa ya? Ga ada angin ga ada hujan tiba-tiba gitu. Aku biasa aja, aku cuma kasihan dengan Lit, dia anak pendiam kalau digoda apa tidak menderita. Untung dia juga biasa aja (biasa suka niru-niru aku). Aku tahu yang paling suka goda aku sama Lit, yaitu SaiMid, duh cewek ini lho suka banget goda, tapi kalau godaannya itu ga aku tanggapi dia jadi ngambek, repot ya?

Hadi Nurahmad
Hyang Widhi Wisnu W

Unyil jadi teman ngobrolku, dia kritis. Apalagi kalau ngomongin UM dan FIP. Wah wah..!! Malam-malam awal aku tidur lebih awal dengan dia. Meski malam-malam selanjutnya sangat rame, rebutan bantal, selimut atau Isnu yang ngomong tak tentu arah sampai dia lelah sendiri. Isnu paling rame, paling suka “kerja bakti” di waktu yang tidak tepat, tapi pemberi solusi yang baik, terima kasih ya aku diajak nginep di rumahnya ketika tempat tinggalku ga pasti di Malang. Isnu pasti rindu saat-saat menjadi ibunya Emby. Tiap malam aku lihat keakraban ibu dan anak di dua orang ini.

Bobby Krisna D

Emby sangat dekat dengan Isnu, Isnu selalu menanggapi pertanyaan yang buat capek dari Emby. Karena Emby mempunyai 1001 pertanyaan yang akan sangat capek untuk dijawab. Aku selalu tertawa melihat ekspresi Isnu dan Bundo yang sangat lelah menjawabnya, SMS dari AyankQuwh yang nada pesannya rame buat Isnu ga bisa tidur dan yang paling khas yaitu simbol peace dari tangannya dan kalimat yang sering diucapkannya “So I’m a master” tiap dia merasa hebat. Dibalik seperti anak kecilnya itu, Emby sangat perhatian kepada temannya. Meski mandi dan dandannya agak lama.

Rumah TanggaAngga Bayu Jatmiko
Hary Masrukin

Ada pasangan rumah tangga yang selalu bertengkar, Kirun dan Desi. Aku bingung ada apa dengan mereka berdua, suami istri tapi bertengkar terus. Kirun yang mbulet sendiri ketemu dengan Desi yang suka buru-buru, lengkap sudah. Kirun ini sangat baik, terima kasih sudah mengantar ke dokter ketika aku sakit, semoga kebaikanmu dibalas Allah hei Kirun. Aku masih ingat ketika ada rencana jahat, Desi ditakuti dengan pocong-pocongan dan Bundo jadi pelaku utamanya. Haha lucu liat Desi kaget sambil nampar Unyil, malam yang seru. Satu lagi yang masih aku ingat ketika malam dingin di PAUD, niat memasang tulisan malah kukunya yang tertancap paku, sangat lucu.

Angga Bayu Jatmiko
Riyang Mahardhani

Bundo yang satu ini sangat ekspresif, dia bisa hyperaktif ketika moodnya baik dengan berbagai macam tingkah, bisa joget-joget, nyanyi, berubah jadi model Blackberry remuk, jadi anak idiot, atau emak rempong. Tapi kalau moodnya lagi jelek dia bisa jadi anak autis. Kasihan juga tiap lewat hutan selalu jadi peserta yang lihat penampakan kayak acara Masih Dunia Lain. Hahaha lucu-lucu anak laki-laki di posko ini.

Ilma Saadah

Aku belum liat bagaimana Emak itu karena aku baru tahu dia ketika nyampai di posko beberapa hari setelah hari pertama. Tak ada yang aneh dengan dia, sampai mendekati akhir KKN ternyata Emak ini heboh, suka goyang asolole dan hampir mirip dengan Emby dalam hal kepolosannya. Benar-benar tidak mirip dengan Emak awal bertemu dulu hahaha

Nasul Muthmainah

Ada teman cewek yang kalau rapat suka ta ajak bercanda biar ga serius rapat, Mut. Bendahara ini enak diajak main-main, untung tidak ketahuan sama Desi kalau pas rapat aku rame sendiri dengan Mut. Terima kasih juga mau bantu bawa barangku turun ketika sore-sore itu.

Nurul Hidayati

Bunda yang satu ini yang paling dewasa diantara kami semua. Kalau yang lainnya masih kadang masih seperti anak kecil maka akan ada bunda yang paling dewasa menurutku. Dengan mempunyai tiga anak jadi Bunda sangat keibuan ke kami. Biasanya memberi nasihat atau sesuatu yang sebaiknya dilakukan agar kita tidak dianggap salah oleh masyarakat KKN kami. Hampir tiap malam Bunda penasaran kenapa aku sangat pendiam, mirip suaminya yang tidak banyak omong. Jadi aku digoda seperti anak kecil hahahaha

Erlita Dian Ratri
Efrillia Rochmawati

Ny Pret ini temanku sejak SMA jadi aku sudah tahu dia itu bagaimana, dia rajin menyelesaikan tugas-tugasnya. Terima kasih buat kerja kerasnya ya Ny Pret. Lit, temanku yang satu ini pendiam, tidak banyak omong. Tapi ternyata di sms n FB rame juga ya, aku jarang berinteraksi dengan dia di dunia nyata, karena sama-sama pemalu ketika digoda, jadi ya pendiam ketemu pendiam???

Erlin Rindamita

Mommi ku yang satu ini awalnya kelihatan pendiam, Mommi selalu yang ta ingat itu dengan wajah innocence nya, sangat khas dengan tertawa renyahnya. Meski begitu kalau ada makanan langsung dia lahap, ketika di rumahnya Pak Kasun Mommi sangat antusias makan. Kata-kata seperti “Hallo 2011….” atau “Jangan kayak orang miskin gitu deh” sangat khas Mommi banget. Sangat tidak suka melihat dia sedih, karena menghilangkan wajah khasnya itu.

Dhita Elisa

Jeng Kelis ini banyak membantu ku dari awal hingga akhir. Ketika aku bersantai di posko ada suara nyanyian. Ternyata Jeng Kelis, merdu juga suaranya. Aku sempat ngasih saran untuk ikut ajang pencarian bakat, meski aku sambil guyon tapi itu aku juga agak serius karena suaranya bagus. Suatu hari juga aku dengar suara ngakak dari Jeng Kelis, itu sangat khas dia banget. Tidak akan bisa dilupakan tertawanya itu.

Inayatul Fithriyah

Ada yang paling suka usil sama aku. Suka goda aku dan lainnya meski dia kalau jahil ke Emby malah jadi dia yang tersiksa. Saimin ini awalnya dengan aku hanya sebatas cuma bisa goda aku dan Lit aja. Lama kelamaan aku dan dia makin akrab. Dia sering cerita ke aku dan enak diajak berkawan. Pembawaannya yang terlihat galak (menurut teman-teman) tidak mempengaruhi penilaianku kepadanya sebagai teman yang baik. Aku sangat rindu digoda olehnya. Dia sangat senang kalau aku bilang “Aku Penguasa Dunia”, semoga kita bisa ketemu lagi ya Min.

Erika Tidar Kusuma Dewi

Temanku yang satu ini suka mengusik kesenanganku, ketika aku bermain FB dan dengar musik dia datang dan ngomong “Nyu nyeleh Hapemu Nyu” tapi aku rindu gangguan itu dari Rienta. Rienta dinobatkan jadi kakaknya Emby, sudah lama tidak melihat pertengkaran kakak adik itu. Rienta selalu ngajak makan karena dia suka lapar di siang hari. Sangat menyenangkan punya teman seperti ini.

Ika Yuli Kustanti

Ketika aku belum kenal dengan semua teman cewek aku ga ngerti harus bercanda dengan siapa, malam itu ada les bahasa Inggris. Kayu ngajar anak les bahasa Inggris dan aku juga ikut. Sama-sama bingung mau ngajar apa, biarin aja deh biar Kayu bingung. Suka banget aku goda ini anak, bisa sama-sama tertawa.

Ika Nurul M
Wahyu Maghfiroh

Aku senang ada yang dari Mojokerto karena banyak saudara ku di Mojokerto, apalagi rumah anak ini dekat sama rumah saudaraku. Mengobrol dengan Siroh itu enak, bisa mengalir gitu aja. Semoga kapan-kapan bisa main ke rumahnya ketika aku ke rumah saudaraku karena udah janji. Ada satu lagi yang dari Mojokerto, Ikan juga enak diajak ngobrol. Sangat menyenangkan dengan keramahannya. Aku dulu tidak tahu kalau yang menjadi MC di PAUD itu Ikan, jadi di posko aku cari kok ga ada, oh ternyata udah lepas kerudung. Tidak ada protes berlebihan dari Siroh dan Ikan ketika dijodohkan dengan Kirun dan Desi. Terima kasih buat keramahannya.

Anis Raudhatul M
Fitria Dwi Rosi

Ada yang bisa aku goda juga, dia udah kayak adik buat kita semua, Dek Romed yang memang pas buat jadi adik kita. Memang lucu untuk digoda. Aku juga agak iri dengan Enis, masa’ sama-sama ngajar buat surat tapi Cuma Enis aja yang dapat surat dari anak kelas empat. Hahaha gpp Enis aku tetap senang kok bisa ngajar kelas sama kamu karena kamu yang pintar ngomong dan aku ga paham pelajarannya mau gimana, terima kasih banyak.

Dian Farida Rosanti

Kalau yang satu ini sumber dari polusi suara Wangkal hahahahahaha, Forndus itu rame, seru, banyak kosakata baru muncul dari dia, sangat profesional dalam merayu Bu Kasun. Kata-kata seperti Apik e rapakat, Enak e ra kontho-kontho, njemberi uwong, nrumbuki dunyo dll itu dari dia yang jadi trend hehe. Baru kali ini aku nemui wanita kayak gini, sangat seru. Ada aja yang dibicarakan. Kalau dia diam itu seperti ada hal yang aneh. Aku sedih ketika beberapa hari itu dia sedih dan menangis. Jadi suasananya sedikit berbeda, tak ada kegembiraan. Untung ada Bundo yang selalu siap menghibur, bersyukur aku ada yang care dengan Forndus.

Ike Yunia T

Aku berterima kasih banyak dengan temanku yang satu ini, Keket. Dia banyak membantu aku, buat mood ku yang jelek jadi naik. Ketika aku murung dia berusaha menghiburku. Kalimat “Koe Lho” yang aku pingin dengar lagi ketika aku goda dia. Suka bercanda bareng-bareng. Keket itu sangat enak sebagai tempat cerita ku yang sangat jarang aku ceritakan ke temanku. Forndus aja bilang aku dengan Keket mirip adik kakak (Aku adiknya soalnya Keket yang kelihatan lebih tua hehe), jadi aku dekat dengan dia untuk berbagi cerita ku mulai SD sampai kuliah ini. Terima kasih banyak Keket.

Ermawati

Polos, Sederhana, Lugu dan baik. Itu yang aku lihat dari Myoer. Sebenarnya bukan dia yang aku kira akan menikah waktu dia minta ijin saat pembekalan, tapi Emak. Dia penasaran kok aku bisa pendiam, lucu. Sayang kurang banyak waktu aku bercanda dengan dia. Kepolosannya tentang Winamp dan CD Room buat aku yakin Myoer wanita yang tidak suka yang macam-macam dan aneh-aneh. Perjalanan ke nikahannya Myoer juga jadi kenangan tersendiri, mulai dari aku dan Kirun yang telat. Sarapan samping Karang Kates yang indah, hingga sampai di POM Garum itu buat dandan dan nunggu Emby datang dari Tulungagung. Ketika aku dengar Blitar pasti yang aku ingat itu Garum dan Srengat. Karena di Garum itu pertama kali aku ke Blitar dan Srengat daerah rumahnya Bundo adalah tempat aku menginap di Blitar.

@Nikahannya Erma

.

@Nikahannya Erma 2

Sampai di rumah Myoer, berkumpul di sana ibaratnya cuma pindah tempat rumpik, hampir jatuh di jalan berpasir rumah Emak, makan di tiap tempat yang disinggahi jadi kekenyangan, melihat Akad nikah Myoer buat semua heran dengan Myoer yang seperti beda setelah dandan pengantin, malam-malam melintasi Kota Blitar rame sekali jadi ingat geng motor pake klakson rame-rame, tiap lampu merah masih sempat bercanda hingga nyampai rumahnya Desi, Desi berubah macho banget woow!! Menuju rumahnya Bundo yang hot, ga bisa tidur semua padahal kecapekan jadi di luar hingga tengah malam.

@Nikahannya Erma
@makam bung karno
@makam bung Karno

Besok paginya langsung cus balik ke Malang, tapi masa’ di Blitar ga ke Makam Bapak Proklamator RI Ir Sukarno, jadi ke sana cuma mampir sebentar dan ke pasar. Aku dapat gantungan kunci keris dan lainnya bingung nyari kemeja batik, sampai capek semua lah kok llihat-lihat parang dan pedang, ini mau perang ya?

Friendship
@karangkates

Sore-sore singgah di Karangkates, sangat indah dan senja itu buat aku terhipnotis akan keindahannya, sampai di Malang semua itu jadi kenangan tersendiri.

Friendship
Friendship

Semua itu jadi 24 Persahabatan Abadi. Teman-teman baru ku yang berkesan dan sudah ku anggap keluargaku yang lain. Biasanya

Friendship

ketika kuliah aku satu minggu sekali pulang, tapi ini aku 4 minggu baru pulang. Aku sangat betah diantara orang-orang baik ini. Sedikit banyak aku berubah karena kalian. Kita observasi, menjalankan program-program, rapat, makan bareng, bercanda bareng itu yang benar-benar aku rindukan ketika sendirian ini.

Friendship
Friendship
Friendship

Tak semua bisa berjalan mudah dan mulus. Ada cobaan untuk persahabatan abadi kita. Ada marah, ngambek, iri dan lain sebagainya. Aku tidak menganggap itu serius karena aku tahu pada dasarnya kalian semua itu anak baik. Jadi memang kurang enak kalau di tempat KKN tidak ada konflik, ini bagai bumbu penyedap. Lebih menjadikan kita dewasa dalam menyikapi masalah. Aku melihat kedewasaan itu yang masih belum aku miliki. Kalian pelajaran kehidupan yang sangat berkesan untuk aku. Sekali lagi terima kasih banyak.

Friendship
Friendship
Ketika aku sakit, terima kasih teman

Aku juga berterima kasih kepada kalian semua. Aku bingung harus bagaimana ketika magg ku kumat dan aku sangat pusing hingga parah. Sebelum aku ke dokter  hingga aku kembali kalian sangat perhatian. Aku kaget dengan perlakuan kalian. Serasa di rumah yang buat aku ingin cepat sembuh selain karena ingin bercanda dengan kalian juga mengakhiri penderitaan dengan makan bubur saja dan sop Desi yang seperti air tawar. Sekali lagi aku berterima kasih banyak kawan.

Pak RW
Pak Kasun n Pak RT
Pak Modin

Semua terasa indah di Dusun kecil itu, pemandangan dan keramahan penduduknya buat KKN kita seperti liburan. Meski kita sering merepotkan keluarga Pak RW dan keluarga Pak Kasun, mereka tetap sangat baik dengan kita. Seperti kita yang meramaikan suasana sepi di sana. Sangat sedih melihat tangisan Bu Kasun dan wajah sedih lainnya ketika berpisah. Itu yang buat kita ingin kembali ke sana.

2 Bulan untuk selamanya
Sip to..
Makan bareng yuk

Ketika aku duduk di sofa posko di ruang tamu, kadang aku melihat lembar hari yang kita lalui. Terasa sangat cepat. Tiba-tiba sampai malam perpisahan itu. Malam itu berat karena akhir KKN sudah dekat. Saat pemutaran film selama kita KKN dan sharing setelahnya, aku berpikir apakah bisa berkumpul seperti ini lagi. kita bersalaman satu per satu butuh waktu untuk buat aku sadar kita akan berpisah. Sangat sulit menjelaskan rasanya seperti itu. Aku hanya berdoa dalam hati “terima kasih ya Allah telah mempertemukan aku dengan teman-teman seperti mereka, semoga kami bisa berkumpul lagi, dan jagalah teman-temanku”.

Perpisahan
Perpisahan

Aku Cuma berpesan jaga selalu hubungan pertemanan kita sampai tua nanti. Jaga tali silahturahim kita sebagai sesama muslim. Jangan pernah lupa satu dengan lainnya. Kita saling membantu seperti saat di posko. Akan sangat menyenangkan bisa melihat kita bersama-sama lagi.

Perpisahan
Perpisahan

Aku pribadi mohon maaf kepada kalian semua bila ada salah kata dan salah tindakan baik yang aku sengaja maupun tidak aku sengaja. Aku merindukan kalian teman. Bagian hidupku yang tak akan terlupakan.Terima kasih sudah melengkapi kebahagian pershabatan abadi kita.

Bernard meltzer

“Seorang teman sejati adalah seseorang yang berpikir bahwa Anda adalah telur yang baik meskipun dia tahu bahwa Anda sedikit retak”Bernard Meltzer

Patrick Star

“Knowledege cannot replace friendship, I’d rather be an idiot than lose you friend” ~Patrick Star

Saint Thomas Aquinas

”There is nothing on this earth more to be prized than true friendship” ~Saint Thomas Aquinas
”True friends stab you in the front”. ~Oscar Wilde

Oscar Wilde

“Good friends are like stars….You don’t always see them, but you know they are always there.” ~indianchild
“Good friends are hard to find, harder to leave, and impossible to forget.” ~indianchild

Aku

“Terima kasih banyak teman, kalian bagian memori indah hidupku”

Advertisements

3 thoughts on “Kisahku Untuk Kalian: Persahabatan Abadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s