Andai Aku Menjadi Ketua KPK

Menjadi ketua KPK di negeri ini memang suatu pekerjaan yang sangat sulit. Indonesia sangat kaya, bayangkan Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun, kemudian Jepang hingga korupsi mulai jaman orde lama hingga reformasi saat ini. Tak heran korupsi seolah menjadi budaya kotor yang sulit dihilangkan. Untuk menghilangkan budaya itu, andai saya menjadi ketua KPK saya tetap komitmen menuntaskan kasus-kasus korupsi dan menjaga hubungan baik dengan instansi-instansi pemerintahan dan ketua partai politik. Menambah personil penyidik, menaikkan kesejahteraan dan menjamin keselamatan keluarganya dengan cara mengajukan anggaran sebesar 1% dari APBN. Bekerjasama dengan KPK negara lain yang indeks persepsi korupsinya tinggi untuk memberikan masukan dan pembelajaran bagi KPK tentang cara mengatasi korupsi secara efisien dan efektif.

Untuk mendidik mental anti korupsi sebaiknya dari sejak dini. Untuk itu saya akan memasukkan pendidikan anti korupsi ke kurikulum ke sekolah dasar hingga perguruan tinggi dengan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Saya juga akan membuat acara perkemahan seperti Summer Camp yang isinya adalah pengembangan mental dan moral anti korupsi sejak dini. Isi perkemahan itu adalah “mencuci otak” peserta agar tidak melakukan korupsi, intinya membuat peserta mengalami “alergi” korupsi dan menjadikan mereka agen kampanye anti korupsi. Teroris bisa mencuci otak anak menjadi teroris, negara harusnya juga bisa mengubah mental anak menjadi anti korupsi.

Tulisan ini untuk mengikuti lomba blog KPK “Andai Aku Menjadi Ketua KPK”: http://lombablogkpk.tempo.co/index/tanggal/506/Debyan%20Yolla%20Samberra.html

Advertisements

One thought on “Andai Aku Menjadi Ketua KPK

  1. inspiratif
    semoga sukses selalu..ya
    dan semangat tetap terpelihara
    Semoga Indonesia bisa bebas dari Korupsi untuk Indonesia berdikari
    salam ayobai.com (Ayo Bangkit Indonesia)
    jejaring sosial anak indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s