“Hulk” Menyatu di Mobil Daihatsu

hulk blogSalah satu sosok superhero terkenal di dunia adalah si besar pemarah hijau Hulk. Dia punya kekuatan hebat dan kebal terhadap segala serangan. Lalu apa hubungan Hulk dengan menyatunya dia dengan mobil Daihatsu? Di sini saya menggunakan Hulk sebagai perumpamaan mobil Daihatsu yang menggunakan teknologi hijau.

car

Hulk yang berwarna hijau merupakan hasil dari hasil teknologi yaitu gen DNA yang menurun dari ayahnya dan kemudian terkena radiasi sinar Gamma. Nah, sama juga dengan teknologi hijau yang dimiliki mobil Daihatsu merupakan hasil teknologi dan penelitian para ahli untuk menciptakan mobil yang ramah lingkungan. Hulk mempunyai kekuatan yang sangat besar hingga bisa mengangkat tank seperti mainan, lompat sangat tinggi dan jauh dan menghancurkan semua yang ada di depannya. Teknologi hijau yang diterapkan di mobil Daihatsu ini diharapkan bisa menjadi pelopor mobil yang tidak hanya mempunyai kekuatan di jalanan tapi juga ramah terhadap lingkungan sebagai langkah mengatasi pemanasan global. Kekuatan Daihatsu untuk berusaha mewujudkan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan dan menciptakan bumi yang hijau adalah usaha yang patut diapresiasi.

Kekuatan besar yang dimiliki Hulk dan sifat pemarahnya juga menyimpan sisi lembut yaitu membantu melawan kejahatan seperti saat melawan monster seperti dirinya dan pasukan dari Loki. Bukan itu saja, Hulk akan luluh dan mereda amarahnya ketika bertemu kekasihnya. Mobil Daihatsu ini juga menyimpan sisi kelembutan bagi penggunanya sehingga nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Pasti pemilik mobil yang cinta lingkungan akan menggunakan mobilnya ini dengan tujuan kenyamanan penumpang di dalamnya dan kenyamanan masa depan dengan terjaganya lingkungan hijau yang indah.

Sebagai produsen mobil berpengalaman selama 105 tahun Daihatsu merasa perlu menjadi pelopor mobil ramah lingkungan untuk menyelamatkan bumi dari bertambah parahnya pencemaran seperti Global Warming. Kepedulian Daihatsu terhadap isu lingkungan hidup patut diapresiasi dan didukung sehingga produsen mobil lain bisa mencontoh apa yang dilakukan Daihatsu. Salah satu penyebab Global Warming adalah pelepasan karbondioksida dari mesin kendaraan. Itu sebabnya di kota-kota besar suhu udara sangat panas karena banyaknya kendaraan.

Kepedulian Daihatsu terhadap lingkungan ini menjadikan Daihatsu mengaplikasikan teknologi hijau dalam mobil. Teknologi Hijau adalah hasil pengembangan dari suatu metode dan material yang dilakukan secara terus-menerus sehingga dapat menghasilkan suatu teknologi yang ramah terhadap lingkungan.
Beberapa tujuan utama dari penerapan Teknologi Hijau, yaitu:
1.  Keberlanjutan, dimana dengan diterapkannya jenis teknologi ini maka tidak akan mengancam kelestarian lingkungan hidup di masa mendatang.
2. Desain daur ulang, dimana produk yang dihasilkan harus dapat di daur ulang untuk menghasilkan produk sejenis.
3. Konservasi sumber daya, dimana mengurangi limbah dan polusi dengan mengubah pola produksi dan konsumsi.
4. Innovasi, dimana mengembangkan alternatif untuk teknologi – apakah fosil bahan bakar atau bahan kimia pertanian intensif – yang telah terbukti merusak kesehatan dan lingkungan.
5. Viabilitas, yaitu menciptakan pusat kegiatan ekonomi di sekitar teknologi dan produk yang bermanfaat bagi lingkungan, mempercepat pelaksanaannya dan menciptakan karier baru yang benar-benar melindungi planet bumi.

eco-bagan

Bagan Tahap Teknologi Hijau Daihatsu

Tiga tahap pengembangan teknologi hijau dalam mobil Daihatsu yaitu:

1. Tahap pertama dalam teknologi Daihatsu adalah teknologi “Eco-Idle”. Sistem teknologi eco-idle ini mengatur hidup dan mati mesin secara otomatis dalam keadaan macet. Keuntungannya, bisa mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar. Pada tahap ini dengan sistem i-EGR mampu menghasilkan pembakaran sempurna dan meminumkan keluaran gas CO2.

stage1eco

step1

2. Daihatsu melanjutkan pengembangan teknologi pada tahap kedua dengan menggunakan mesin dua silinder turbocharged. Pada tahap kedua ini mesin memiliki komponen yang lebih sedikit, sehingga lebih ringan, dan menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit. Dengan “active ignition system” dan berbagai improvement lainnya, efisiensi penggunaan bahan bakar bisa mencapai 30 persen. Daihatsu ingin menghadirkan kenyamanan dalam berkendara dan efisiensi bahan bakar, meskipun dengan mesin kecil melalui sistem turbo yang ada pada tahap ini.

stage2eco

step2

3. Tahap terakhir adalah Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC). Pada tahap ini emisi gas buang CO2 nol, ini merupakan wujud kendaraan yang ramah lingkungan. Bahan pembuatan kendaraan ini menggunakan sumber daya alam yang lebih sedikit, tidak mengandung logam mulia, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih rendah. Tahap ini berfokus pada penggunaan bahan bakar cair baru yaitu Hidrazin Hidrat. Zat ini memiliki kepadatan yang energi yang tinggi dan tidak menghasilkan CO2. Zat ini adalah bahan bakar cair yang tepat untuk mobil ramah lingkungan generasi baru.

stage3eco

step3Bukti niat Daihatsu untuk menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan telah ada di Daihatsu Sirion berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia sebagai kendaraan bermotor dengan emisi gas buang terbaik. Dalam pengujian yang dilakukan, Daihatsu Sirion telah berhasil mengalahkan kendaraan bermotor tipe baru lainnya dengan nilai mandatori tertinggi yakni sebesar 94,591.

Dalam pengujian ini, Daihatsu Sirion juga tercatat sebagai kendaraan dengan konsumsi bahan bakar teririt, dengan perolehan 14,54 km per liter. Evaluasi ini dilakukan dengan menguji 23 unit kendaraan berbahan bakar bensin yang telah melakukan uji tipe pada tahun 2011 atau tahun sebelumnya dan kendaraan yang masih dipasarkan hingga saat ini.

Jadi, sebagai pengguna mobil sebaiknya segera beralih ke mobil yang ramah lingkungan seperti Daihatsu sekaligus ikut menjaga kelestarian alam. Selain ramah lingkungan, mobil ini mempunyai keunggulan lain yaitu irit bahan bakar, mesin ringan dan daya pacu yang mumpuni. Seperti Hulk, Daihatsu juga dengan kekuatan, pengalaman dan kepedulian berusaha menyelamatkan lingkungan hidup untuk generasi yang akan datang.

Sumber:

8 thoughts on ““Hulk” Menyatu di Mobil Daihatsu

  1. ikut lomba juga ya gan? Slamat berkompetisi secara sehat 😀
    semoga postingan kita ini tidak semata-mata hanya memenuhi perlombaan saja, namun juga dapat menjadi bentuk kepedulian kita terhadap kondisi bumi ini serta batu loncatan untuk menjadikan bumi dimasa yang akan datang tempat yang nyaman untuk di tinggali. oleh kita, anak serta cucu kita kelak. Ayo kita dukung Daihatsu, dengan Teknologi Hijau, buat Bumi Kembali Berkicau ^_^

    ditunggu kunjugan baliknya ya 😉 :
    http://akachopa.blogspot.com/2013/05/teknologi-hijau-jadikan-bumi-kembali.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s