PLN Sedang “Mandi”

LOGO-PLN-BERSIH2-300x225Kenapa saya pakai kata “Mandi” sebagai bagian dari kalimat judul di atas? Ya karena saya menganalogikan PLN ini ibarat Superman yang baru berkotor-kotoran melawan Jenderal Zod yang berasal dari planet yang sama, Krypton dan kemudian mandi membersihkan debu di badannya. Ya meskipun saya tidak pernah melihat Superman sedang mandi. Mungkin karena dia cukup meniup dengan kekuatan supernya sudah bersih. Nah, PLN ini sebagai ujung tombak dalam perencanaan, pembangunan dan pendistribusian aliran listrik ke berbagai daerah. Daerah yang sudah lama tidak bisa merasakan setrum listrik terutama di daerah terpencil yang tidak akan pernah merasakan kesalnya orang yang butuh listrik saat smartphone-nya butuh diisi (karena dari dulu tidak teraliri listrik). Ketika daerah yang sudah lama tidak mendapat layanan listrik dan mendapati lingkungannya akan dapat listrik akan menganggap PLN seperti superhero yang menyelamatkan mereka dari jaman primitif. Bapak-bapak akan semangat begadang di pos ronda menonton Real Madrid lawan Barcelona, Ibu-ibu jadi punya hiburan drama melankolis sinetron dan anak-anak akan mengidap kemungkinan obesitas karena malas bergerak depan tv saat menyaksikan kartun-kartun lucu dan seru, apalagi saat hari minggu mulai pagi sampai siang (pengalaman penulis saat kecil).

Superhero ini adalah penyedia listrik yang menguasai hajat hidup orang banyak. Sesuai Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33 maka PLN ini dikuasai oleh negara. Karena menguasai hajat hidup orang banyak maka PLN mempunyai pendanaan atau anggaran yang banyak untuk operasi perusahaan maupun pengadaan barang dan jasa. Jumlah anggaran yang banyak menjadi celah para “tikus” untuk mengendus bau uang segar. Wajar selama ini BUMN sering menjadi tempat korupsi. Melihat fenomena itu PLN mulai “mandi” membersihkan segala kekotoran nafsu pencurian uang di lembaganya. Dimulailah beberapa inisiatif pembersihan diri PLN.

Salah satu cara PLN melewan korupsi di instansinya yaitu pada 21 Maret 2012 melakukan deklarasi “PLN Bersih: No Suap” bersama mitra kerja yang terdiri dari kontraktor pelaksana proyek-proyek PLN, konsultan dan para mitra kerja yang lain dan sebelumnya telah bekerjasama dengan Transparency International Indonesia (TII). Butir-butir deklarasi tersebut yakni:

1. Tidak akan melakukan segala tindakan yang dapat dikategorikan sebagai korupsi menurut UU nomor 20/2001 tentang Tindak Pidana Korupsi, dalam setiap proses pengadaan barang dan jasa pelayanan publik yang dilaksanakan PLN. Tindakan tersebut meliputi korupsi nepotisme, gratifikasi, mark up, pemberian hadiah, konflik kepentingan, dan pemerasan.

2. Menjalankan proses pengadaan barang dan jasa dengan berpegangan pada prinsip transparansi dan efisiensi dalam penggunaan aset negara.

3. Menjalankan proses pengadaan barang dan jasa dengan mengikuti proses legal formal juga menekankan pada prinsip efisiensi.

Aktivis dan masyarakat anti korupsi saat melihat kemajuan langkah yang diambil PLN itu mungkin akan memiliki perasaan sama ketika melihat Iron Man, Hulk, Thor, Captain America, Hawkeye dan Black Widow berkumpul jadi satu melawan Loki. Ya kebaikan bersatu melawan kejahatan. Langkah jitu yang bisa menjadi pelopor lembaga lain untuk menjadi lebih bersih dan tanpa suap. PLN ini sangat memahami fenomena saat ini bahwa sekarang jamannya internet. Sebagai bentuk pengawasan dan sosialisasiPLN bersih maka PLN mengajak para blogger untuk memberikan dukungan terhadap inisiatif PLN ini. Para blogger diharapkan menulis artikel tentang PLN yang bersih dan tanpa suap. Kita tahu anak blogger biasanya tidak cuma punya blog saja. Mereka pasti punya punya social media semacam Facebook, Twitter, Google+, Instagram dan lain-lain. Dengan blog dan berbagai macam social media itu maka diharapkan semakin banyak link yang tersebar dan masyarakat pun mendukung kebijakan PLN tersebut.

Para blogger bisa ikut memantau proyek-proyek dan kegiatan PLN di berbagai pelosok daerah. PLN pusat akan sangat terbantu oleh berbagai laporan jika ada indikasi korupsi. Para blogger melalui dunia maya bisa membantu menulis artikel tentang operasional PLN di daerah. Tidak cuma tentang praktek Good Corporate Governance saja dan kegiatan PLN bersih di daerah tapi juga mengenai ide-ide sumber listrik yang cocok di suatu daerah misal listrik tenaga air, surya, dan uap. Pemberdayaan blogger oleh PLN ini merupakan suatu terobosan yang brilian dalam menyebarluaskan “PLN Bersih: No Suap” karena banyak blogger Indonesia yang mempunyai pengaruh di msyarakat seperti Budi Putra pendiri Asia Blogging Network, Raditya Dika penulis buku yang berasal dari blog, Wicaksono “Ndoro Kakung” dengan gaya ngeblog yang unik dan para blogger lainnya. Kita tahu gejolak di negara-negara timur tengah juga andil dari dunia maya dalam menggerakkan perubahan dan kekuatan internet dalam mempengaruhi kehidupan masyarakat bisa digambarkan dalam film Die Hard 4 dengan istilah “fire sale”, Social Network tentang cikal bakal Facebook yang mana menjadi situs pertemanan terbesar di dunia dan Swordfish dengan hacking untuk melakukan kejahatan.

Para blogger semakin tertarik memberikan dukungan karena PLN juga mengadakan lomba blog “Blogger Dukung PLN Bersih”. PLN tahu dengan adanya lomba artikel ini maka para blogger berusaha menampilkan artikel dengan kualitas terbaik, unik dan menarik agar bisa menjadi pemenang serta semakin memuluskan langkah PLN untuk menjadi perusahaan yang bersih. Sinergi yang baik antara PLN dan blogger ibarat Tsubasa dan Misaki yang menjadi pasangan emas di Nankatsu atau Harry Potter dengan tongkat sihirnya. Kami sebagai blogger yang baik akan senantiasa membantu PLN dan bangsa kami melalui tulisan positif, membangun dan mendukung kebijakan “mandi” PLN ini.

Jadilah mata air jernih PLN di keruhnya air oase Indonesia.

Sumber: www.pln.co.id

plnbersih.com

akudanpln.blogdetik.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s