e-Learning Solusi Penyesuai Jaman

Apa itu e-learning? Saya sebenarnya sebagai orang awam juga tidak terlalu tahu tentang e-Leraning ini. Dari pikiran yang terlintas di benak saya pertama kali adalah sebuah pembelajaran yang meninggalkan cara-cara lama yang diganti dengan semua peralatan teknologi. Ternyata setelah saya baca di beberapa blog, e-Learning adalah pembelajaran yang memanfaatkan informasi teknologi sehingga para murid tidak harus duduk di suatu ruangan. Pembelajaran jarak jauh akan bisa dilaksanakan dengan e-Learning. Saya tidak akan mengulas apa itu e-Learning lebih dalam dan secara luas karena sudah ada ulasan dari orang yang lebih mengerti sehingga saya akan menulis pendapat saya sendiri tentang e-Learning ini bagi guru dan siswa.

Sebagai perkembangan jaman memang teknologi dan perkembangannya yang masuk ke Indonesia tidak bisa terbendung. Salah satunya e-Learning yang merupakan terobosan pendidikan di bidang teknologi. Para guru harus bisa meningkatkan kompetensi mereka di bidang pembelajaran menggunakan teknologi ini. Bagi guru muda yang sudah tidak asing dengan teknologi akan lebih mudah mempelajari dan menerapkannya. Tapi bagi guru angkatan lama tentu akan menjadi hal yang sedikit sulit karena metode pembelajaran yang berbeda akan menimbulkan suatu ketidaknyamanan dalam mempelajari metode ini. Apalagi guru angkatan lama tidak terlalu akrab dengan teknologi, gadget, dan  perkembangan teknologi informasi saat ini. Ini menjadi tantangan bagi pemerintah untuk menjadikan guru paham, nyaman dan mau menerapkan e-Learning dengan melakukan kajian, penelitian dan survey agar penerapan metode ini bisa sesuai dengan fakta di lapangan bahwa tidak semua guru bisa mempraktekkan e-Learning.

Setelah melihat aspek guru mari kita lihat aspek dari siswa. Siswa sekarang sudah tidak asing dengan teknologi bahkan beberapa diantaranya mengharumkan nama bangsa di bidang teknologi misalnya juara robot internasional. Mereka sudah sangat akrab dengan teknologi informasi meskipun masih sebagian besar digunakan untuk media sosial. Hal ini sudah bisa membuktikan bahwa siswa Indonesia sudah sangat melek teknologi (meskipun daerah pelosok belum tentu) dan ada ketertarikan terhadap hal ini. Jadi penerapan e-Learning bisa diterima siswa dengan baik. Siswa bisa menggunakan teknologi untuk mendapatkan ilmu dari mana saja. Para siswa tidak akan bosan dan bolos sekolah. Para siswa tidak akan terintimidasi oleh teman-temannya karena merasa tidak terlalu pintar.

Saya tidak setuju e-Learning digunakan penuh. Kenapa? Karena e-Learning ini pembelajaran menggunakan teknologi tanpa harus bertatap muka. Masalahnya adalah hal ini menghilangkan aspek sosial dalam pembelajaran itu sendiri. Sekolah tidak hanya mengajarkan pelajaran dari buku tapi juga norma-norma, nilai-nilai dan sosial karena kita berhubungan dengan banyak teman di sekolah. Memang ada e-Learning yang sifatnya sosial misal forum diskusi atau sejenisnya tapi mempunyai teman di dunia nyata lebih banyak yang ditemui bagi saya lebih penting. Jadi e-Learning bisa digunakan dengan masih aspek sosial tetap ada. Kita sudah banyak mempunyai siswa cerdas di bidang teknologi dan kepintaran bidang lainnya tapi kita juga sering melihat orang-orang pintar masuk penjara. Itu karena kita terlalu berorientasi pada kemjuan ilmu tanpa mempertimbangkan budi pekerti dan etika sosial. Jadi sebaiknya perkembangan jaman sekarang yang sudah maju diterapkan dalam membangun budaya bangsa yang baik, pertahankan kearifan lokal, tanamkan nilai-nilai dan norma-norma bermasyarakat melalui e-learning ini. Misalnya siswa sekarang sudah canggih dengan tiap hari membawa smartphone ke mana-mana maka e-Learning bisa dimasukkan ke sini melalui aplikasi-aplikasi pembelajaran dan tentu saja memuat konten penunjang kearifan lokal dan peningkatan budi pekerti siswa. Pembuatan website e-Learning dengan gaya anak muda. Peningkatan teknologi di sekolah-sekolah pelosok agar mereka masih merasa bagian dari Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s