Review Website Travellin: Cepat dan Mudah

Di sini saya sebagai orang awam yang tidak tahu sama sekali tentang asuransi perjalanan dan bukan ahli review website secara mendetail. Jadi, saya akan coba review website travellin yaitu www.travellin.co.id dari pandangan orang biasa yang bukan seorang web designer untuk mengakses website Travellin. Pandangan saya mungkin sama dengan beberapa orang yang mengakses website Travellin sehingga bisa dijadikan masukan untuk pengelola situs untuk menjadi lebih baik lagi.

Sebelum mereview website www.travellin.co.id saya akan menjelaskan apa itu Travellin. Travellin adalah penyedia jasa asuransi perjalanan domestik dan internasional. Menawarkan produk asuransi perjalanan dengan harga yang terjangkau dengan berbagai tujuan perjalanan mulai domestik, Asia dan worldwide. Travellin menyediakan asuransi perjalanan untuk individu, keluarga dan grup (syarat-syaratnya bisa anda baca di website). Travellin dapat dipercaya karena produk dari Adira Insurance yang sudah terdaftar di OJK. Manfaat menggunakan asuransi perjalanan yaitu menjadikan perjalanan kita menjadi lebih nyaman, aman dan tanpa rasa cemas karena ada asuransi yang bisa kita ajukan klaim kalau ada sesuatu yang merugikan kita selama perjalanan, misalnya kecelakaan atau kehilangan barang.

Di bawah ini adalah beberapa tampilan www.travellin.co.id yang saya buka di program browser PC dan aplikasi browser di smartphone:

travellin-pc
http://www.travellin.co.id versi PC

Mari kita review website http://www.travellin.co.id apakah sudah user friendly atau belum. Pertama, website yang baik adalah yang bisa dibuka di berbagai jenis perangkat karena saya terkadang hanya bisa mengakses suatu website hanya lewat PC, kalaupun bisa dibuka di perangkat lain terkadang ukuran tampilan masih mengikuti ukuran tampilan di PC ketika membuka di perangkat lebih kecil seperti di smartphone, ini artinya developer atau perusahaan kurang “peka” dengan perkembangan jaman. Saat ini, orang rata-rata sudah menggunakan smartphone pintar yang berarti mereka bisa mengakses berbagai situs kapan saja dan di mana saja termasuk melakukan pembelian produk. Menyediakan website yang bisa diakses di berbagai jenis perangkat adalah keputusan bijak untuk meningkatkan penjualan produk. Saya bisa mengakses www.travellin.co.id di PC dan smartphone saya di berbagai browser seperti gambar screenshot di atas. Jadi, anda sebagai traveller dengan mobilitas tinggi bisa memakai jasa Travellin secara online kapan pun dan di mana saja anda berada.

Hal yang menjadi perhatian pengguna layanan Travellin adalah kecepatan loading website ketika sedang kita akses. Karena tampilan www.travellin.co.id yang sederhana maka ketika saya mengaksesnya cukup cepat (PC atau smartphone) di jaringan 3G. Tidak terlalu banyak gambar atau foto di www.travellin.co.id membuatnya cepat karena foto yang ditampilkan efektif meski tidak banyak.

Mengakses www.travellin.co.id juga tidak membingungkan karena navigasi website yang jelas. Menu di atas website seperti Purchase, Package, Help, Claim dan form pengisian pengajuan asuransi yang menarik dengan kemudahan alur (ada tombol “Next”) memudahkan orang awam seperti saya yang baru mengerti asuransi perjalanan. Tidak ada kebingungan ketika saya mengklik fitur yang ada untuk melanjutkan langkah selanjutnya karena navigasi sudah baik.

Situs www.travellin.co.id menyediakan konten produk jasa asuransi perjalanan yang langsung ditampilkan di halaman utama website. Hal ini penting karena beberapa kali saya membuka suatu situs justru bukan konten utamanya yang ditampilkan di halaman utama website. Di www.travellin.co.id selain konten utama asuransi perjalanan juga terdapat konten pendukung lainnya seperti News & Promo dan FAQ yang tentu bagi pengguna awam akan lebih memahami apa yang ditawarkan di www.travellin.co.id. Saya juga betah membaca konten di dalamnya karena penggunaan teks yang baik, baik dari segi ukuran, warna dan jarak.

Selanjutnya, saya akan review desain www.travellin.co.id terhadap pengalaman saya ketika berselancar di situs itu. Desain www.travellin.co.id yang tidak ribet memudahkan saya untuk mendapatkan informasi asuransi perjalanan di situs ini. Situs ini konten utamanya adalah produk asuransi, jadi ketika saya mencoba melakukan pembelian produk asuransi perjalanan itu mudah karena sudah ada alurnya dan kita tinggal klik satu kali untuk ke tahap selanjutnya alias alur pemesannya tidak loncat-loncat mencari fitur selanjutnya yang harus diklik di navigasi menu. Pengalaman “menyenangkan” ini tentu akan membuat saya membuka kembali www.travellin.co.id di kemudian hari ketika membutuhkan asuransi perjalanan. Pembuatan desain website yang menimbulkan user experience yang memudahkan dan menyenangkan sangat penting pemilik website, terutama perusahaan yang menawarkan produknya lewat website karena akan membuat pelanggannya betah di website dan akan mengunjunginya lain waktu.

Kita sudah tahu tentang Travellin, tapi bagaimana dengan orang-orang yang belum mengetahui alamat websiter Travellin. Mereka akan mencari di search engine. Kita lihat apakah www.travellin.co.id bisa ditemukan dengan mudah di mesin pencari.

travellin-google

Seperti anda ligat di screenshot di atas, situs Travellin ada di urutan atas hasil pencarian dengan kata kunci “Travellin”. Ini berarti www.travellin.co.id akan lebih mudah mendapatkan pelanggan potensial yang belum mengetahui alamat situs dari mesin pencari. Ini juga tergantung dari kebiasaan pengguna internet, misalnya saya lebih suka masuk ke suatu situs lewat search engine terlebih dahulu, contohnya saya akan ke www.travellin.co.id tapi karena malas mengetik atau sedang terburu-buru jadi saya masukkan kata kunci “travellin” dan setelah muncul di atas baru saya klik untuk mengaksesnya.

Secara keseluruhan saya melakukan review untuk website www.travellin.co.id adalah situs ini user friendly. Sebagai situs yang menawarkan jasa asuransi perjalanan memang harus memudahkan pelangannya dalam menemukan asuransi perjalanan yang tepat. Saya menganalogikan seperti toko, penempatan barang yang sejenis akan memudahkan pelanggan untuk langsung menuju lokasinya, misal rak untuk buah, sayuran atau minuman di satu tempat sendiri. Setelah mendapat barang yang kita inginkan, selanjutnya adalah melakukan pembayaran barang tersebut ke kasir, tiap toko terkadang memiliki proses yang berbeda dalam pembayaran. Misal, kita beli buah satu kilogram apakah ditimbang di area buah dulu baru diberi label harga untuk dibayar di kasir atau di raknya sudah masuk kantong plus harganya atau dikantongi di plastik dan ditimbang di kasir. Proses berbeda itu tidak akan masalah kalau informasinya jelas, nah di www.travellin.co.id sudah seperti itu, alur dan informasi sudah jelas dan saya sebagai orang awam yang pertama kali mengunjungi situs ini bisa mengerti. Desain tampilan yang sederhana dan efektif dalam penggunaan gambar mempercepat akses loading. Kepuasan pelanggan adalah hal utama dalam bisnis jasa. Kesimpulan dari saya yaitu puas mengunjungi www.travellin.co.id karena kemudan dan kecepatannya.

Saya ada beberapa saran untuk developer dari www.travellin.co.id yang mungkin bisa menjadikan situs ini makin baik ke depannya. Pertimbangkan untuk memberikan opsi bahasa, karena yang saya lihat di www.travellin.co.id 70% bahasa Inggris dan sisanya bahasa Indonesia. Tidak semua warga Indonesia memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, ditakutkan nanti ada kesalahan dalam input data. Travellin kan mempunyai asuransi perjalanan domestik, jadi sebaiknya juga sediakan bahasa Indonesia. Berikan juga brosur yang bisa didownload dalam bentuk pdf misalnya karena bisa dibaca ketika offline untuk mengetahu cara pendaftaran asuransi dan produk-produk serta promo-promo. Sediakan fitur video yang bisa diplay langsung di halaman itu yang berisi pentingnya memakai asuransi perjalanan dan kelebihan asuransi perjalanan Travellin, hal ini untuk menarik minat pengunjung website untuk memakai jasa asuransi perjalanan Travellin.

Leave a Reply

