KAI BISA APA DI MASA DEPAN?

Pertama saya ucapkan selamat ulang tahun KAI ke 72 tahun. Semoga sukses selalu dan membahagiakan kami masyarakat pengguna jasa transportasi kereta api serta ikut memajukan Indonesia. Ada beberapa hal yang menjadi harapan saya pada KAI di usia yang sudah sangat matang ini. Berikut beberapa harapan saya:

  1. Jangkauan Kereta Api

Jangkauan kereta api yang saya maksud adalah penambahan jalur untuk daerah-daerah yang belum terjangkau padahal mobilitas masyarakat daerah tersebut cukup tinggi. Sebagai contoh dari pengalaman saya sendiri, dulu selama kuliah di Malang saya harus menggunakan jasa angkutan publik satu-satunya yaitu bis umum kecil. Tidak ada kereta api dengan jalur Jombang-Malang secara langsung, kalau mau naik kereta harus memutar entah lewat Surabaya atau Kediri dulu.Padahal seandainya ada jalur itu, saya yakin banyak yang memilih menggunakan kereta karena daya tampung yang banyak dan tidak mabuk darat seperti saat menggunakan bis karena supir yang seolah-olah Fernando Alonso di arena F1 sirkuit Monaco. Saya tahu tantangan terbesar membangun jalur rel antara Jombang – Malang adalah medannya yang berat karena pegunungan itu. Tapi saya yakin KAI di masa depan bisa menyelesaikan kendala itu. Selain itu saya berharap kereta api bisa ada paling tidak antar kecamatan, tidak harus dulu seperti Jepang yang akses kereta ada di mana-mana. Hal ini untuk mengurangi ketergantuan pada kendaraan bermotor dan masyarakat mempunyai alternatif moda transportasi.

  1. Kereta Api Jadi Primadona

Kereta di masa depan bisa jadi favorit masyarakat. Favorit transportasi untuk kerja, piknik, angkutan barang atau sekedar merenung di dalam kereta. Populasi penduduk Indonesia sekitar 260 juta jiwa dan KAI mengangkut 1 juta jiwa per hari saya rasa itu tidak sebanding. Memang kendaraan pribadi masih jadi favorit. Favorit tapi masih mengeluh macet di mana-mana. KAI perlu “mempopulerkan” dirinya. Pilihan utama penggunaan transportasi publik adalah salah satu tanda ciri negara maju, lihat saja Jepang dan negara-negara Eropa. Sulit memang mengubah pandangan masyarakat, kerjasama KAI dan pemerintah penting. Misal, pemerintah membuat peraturan baru seperti tarif parkir yang tinggi, pajak kendaraan yang tinggi atau keharusan memiliki garasi jika ingin mempunyai mobil. Mau tidak mau masyarakat akan memilih kereta api yang terjangkau harga tiketnya. Saya punya contoh nih, contoh saja untuk mempromosikan kereta api, jadi di serial drama Jepang “Amachan” tahun 2013 itu diceritakan kalau Kitatetsu (kereta api) terus mengalami kerugian, kepala stasiun dan lainnya mencari solusi dan ketemu yaitu menghadirkan jumpa fans idol di dalam kitatetsu. Berhasil, Kitatetsu makin ramai. KAI bisa mengajak penyanyi atau band terkenal untuk temu fans di dalam kereta, sasaran kegiatan ini anak muda yang sudah terlanjur punya mindset kalau punya kendaraan sendiri itu keren. Semoga KAI bisa mengangkut lebih banyak dari 1 juta penumpang.

  1. Menghubungkan Indonesia

Bagaimana kalau saya katakan kereta api mulai dari Aceh dan finish di Papua tanpa terputus? Saya akan kena olok-olok mimpimu ngawur nak dan sebagainya. Kalau tidak bermimpi ngawur mana bisa ada benda seberat Airbus A380 terbang yang berawal dari mimpi Wright Bersaudara. Jangan mau kalah dengan Inggris dan Perancis dengan Euro Tunnel mereka. Saya optimis dan berharap di masa depan Indonesia memiliki sambungan rel kereta api antar pulau.

  1. Kereta Api Keren

Sebagai bangsa yang besar saya berharap kereta api menjadi lebih bagus-bagus dan keren-keren. Tidak lagi impor gerbong-gerbong kereta bekas dari Jepang. Saya yakin kalau dari SDM dan SDA dalam negeri kita bisa menghasilkan kereta yang canggih. Tidak usah malu mendatangkan ahli dari luar negeri untuk mengajarkan membuat kereta atau mengirimkan orang-orang kita untuk belajar. Berharap KAI mempunyai kereta super cepat dan keren dari kemandirian anak bangsa.

  1. Sistem Kereta Api Bagus

Bagaimana mengatur kereta api yang sedemikan banyaknya sehingga jadwalnya teratur atau tidak ada keterlambatan? Tanya negara seperti Jepang atau USA. Mereka mempunyai sistem kereta api yang canggih sehingga bisa mengatur jadwal dan jalur sedemikian banyak kereta api dengan baik. KAI di masa depan harus mempunyai sistem yang lebih canggih, apalagi kalau mimpi jalur-jalur di daerah-daerah diperbanyak terwujud.

  1. Aturan Jangan Kasih Kendor

Kata anak jaman sekarang itu jangan kasih kendor bagi aturan-aturan tentang kereta api. Saya akui kereta api sekarang jauh lebih baik daripada yang dulu, seperti tidak ada lagi penjual di dalam gerbong, pembelian tiket yang dipermudah melalui online, kebersihan kereta dan lainnya. Peraturan-peraturan baru tersebut jangan seperti karet yang molor, terus jalankan dan berikan sanksi bagi yang melanggar, kedisplinan penyedia jasa dan pemakai jasa terhadap peraturan akan menentukan maju tidaknya perkeretaapian di Indonesia.

  1. Infrastruktur, fasilitas dan Sarana Kereta Api Keren

Banyak hal yang berkaitan dengan kereta api. Stasiun kereta api di Indonesia saya pikir sudah layak dan semoga di masa depan kita bersama-sama bisa menjaganya, syukur-syukur jadi lebih canggih. Di beberapa titik masih sering dijumpai perlintasan tanpa palang, sehingga di masa depan saya berharap tidak ada lagi perlintasan tanpa palang. Gerbong kantin makanan semoga menjadi lebih baik dan baik, AC kereta api yang berfungsi normal, rel kereta api yang utuh tidak dicuri mur dan besinya. Intinya semuanya yang berhubungan dengan kereta api bisa lebih baik dan keren.

Beberapa harapan itu semoga bisa terwujud, amin. Karena saya yakin KaI bisa memujudkannya dengan dukungan kami semua yang bersama-sama membantu, menjaga dan membuat lebih baik dunia kereta api di Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s